Iklan

Menariknya Bisnis Ternak Ayam Joper Yang Patut Anda coba

Salah satu cara untuk melakukan bisnis yang terbaik adalah dengan beternak. Saat ini melakukan ternak sudah sangat banyak orang yang menarik melakukan ternak. Terutama ternak ayam sudah banyak dilakukan oleh orang, karena memang banyak memberikan penghasilan. Sangat banyak jenis ayam yang dapat kita ternakkan. Salah satu jenis ayam yang dapat kita ternakkan dengan peluang keuntungan yang besar adalah ternak ayam Joper. Ayam Joper merupakan ayam jawa super, ayam ini memang unik bagi sebagian besar orang karena ayam ini merupakan hasil dari perkawinan silang dari ayam kampong jantan dengan ayam kampong betina petelur.

Ternak ayam joper

Asal dari Ayam Joper
Sangat banyak orang yang tertarik untuk melakukan ternak ayam joper, karena memang ayam ini memiliki perkembangan tubuh yang sangat cepat dan kalau tentang harga memang sangat tinggi dan sangat stabil. Jadi, tidak mengherankan bila banyak orang yang ingin melakukan ternak ayam ini. Peternak ayam joper tentu saja akan mendapatkan hasil yang banyak. Adanya perkembangan cepat dengan kualitas terbaik dari ayam joper tentu saja tidak terlepas dari induk ayam joper adalah ayam petelur dan ayam kampung, Ayam yang memiliki tubuh yang sangat gemuk dan ayam kampong yang memiliki kualitas daging sangat baik. Pasti banyak orang yang setuju apabila ayam kampong dagingnya diolah memang sangat enak dibandingkan dari ayam yang lain. Jadinya, kedua ayam tersebut dikawinkan silang dan menghasilkan ayam jawa super.

Banyak Peminat untuk Beternak Ayam Joper
Melakukan ternak ayam joper memiliki peminat sangat tinggi, karena banyak sekali orang yang mengonsumsi ayam joper ini dan mengaku bahwa ayam ini, memang memiliki kandungan protein sangat tinggi dibandingkan dengan jenis ayam yang lain. Adanya protein tentu saja membuat kita lebih banyak mendapatkan asupan gizi yang diperlukan oleh tubuh. Harga jual ayam joper di luaran biasanya mencapai hingga Rp. 80.000,- per ekornya. Tidak terlalu mahal bagi kita yang ingin tetap hidup sehat dengan memakan daging ayam joper setiap harinya.

Bibit Ayam Joper yang Harus Diperhatikan
Melakukan ternak ayam joper juga tidak terhindar dari pemerhatian kualitas bibit ayam joper sendiri. Kita jika ingin melakukan ternak ayam joper, kualitas bibit yang terbaik harus didapatkan. Kita harus perhatikan apakah induknya memang sehat dan tidak cacat, kemudian pertumbuhan dari sang induk juga cepat, dan nutrisi yang diberikan kepada juga induk juga terbaik. Dari situlah apabila kita memilih induk yang terbaik, maka bibit yang kita hasilkan untuk ayam joper juga lebih baik. Sangat tidak menguntungkan apabila kita tidak memperhatikan tumbuh kembang bakal induk dari ayam joper.

Kandang yang Bersih untuk Ayam Joper
Selanjutnya adalah kandang terbaik yang harus kita persiapkan untuk ayam joper sendiri. Sebagai peternak ayam joper kita juga harus memperhatikan kapasitas kandang, jika lebih banyak ayam yang kita ternakkan maka ukuran kandang juga harus lebih besar. Tidak boleh kita dengan sembarangan memberikan ukuran kandang ayam kecil dengan lebih banyak ayam, karena itu dapat merusak kualitas kesehatan ayam dan juga kebersihan ayam joper. Disarankan untuk kita yang akan membuat kandang ayam joper harus jauh dari rumah penduduk, agar penduduk di dekat tempat tinggal kita tidak terganggu, dan kandang dari ayam joper harus memiliki sirkulasi udara yang tepat.

Pakan yang diberikan untuk Ayam Joper
Bagi peternak yang sudah cukup ulung, pemberian pakan adalah suatu yang sangat penting, karena untuk menentukan kualitas ayam joper tersebut baik atau tidak. Kita juga harus memperhatikan pakan yang terbaik bagi bibit ayam joper. Untuk ayam joper kita memberikan pakan bekatul, kedelai, dan jagung yang semuanya kita campur jadi satu pakan seperti itu kita berikan saat ayam joper menginjak usia 1 bulan. BR murni juga pakan ayam joper yang harus kita berikan saat berusia sekitar 1 bulan. Kita harus pastikan bahwa semua pakan itu dicampur dengan rata.

Ayam Joper Harus Diberikan Vitamin
Pemberian vitamin juga sangat penting, tanpa kita memperhatikan pemberian vitamin untuk ayam joper. Kita tidak dapat melakukan ternak ayam joper yang terbaik. Pemberian vitamin ini dilakukan agar ayam joper yang kita budidayakan kita tidak mudah terserang penyakit dan tetap sehat tidak cacat. Ada beberapa vitamin yang harus kita berikan kepada setiap ayam joper yang kita ternakkan, seperti vitachick, vita stress, fortevit, serta neo medril. Kita juga tidak bisa sembarangan memberikan vitamin kepada ayam joper, karena tentu saja ada ukurannya setiap usia dari ayam joper. Vitachick untuk ayam joper yang berusia 1 sampai 6 hari, Vita strse kita harus berikan ketika usia ayam joper menginjak 4 hingga 32 hari. Vitamin fortevit kita harus berikan 12 hingga 32 hari, kemudian neo medril adalah vitamin yang harus kita berikan untuk ayam joper ketika bibit masih 1 hari. Ayam joper pada usia 1 hari, juga memerlukan air gula. Maka, sudah sebaiknya kita memberikan air gula pada usia itu.

Perawatan Ayam Joper
Adanya perawatan untuk ayam joper juga harus kita lakukan setiap hari, karena perawatan yang teratur membuat ayam joper milik kita memiliki kualitas tinggi. Perawatan ayam joper tentu saja seperti yang telah dibahas dari nutria, pakan, dan juga kandang. Jika nutrisi yang kita berikan selalu seimbang maka ayam akan tetap sehat. Tidak ketinggalan juga kandang yang bersih akan membuat penyakit tidak tinggal di kandang itu. Jangan sampai kita lupa menjaga kebersihan kandang, karena bila sampai lupa maka banyak kuman yang akan tinggal. Kita juga tidak boleh untuk lupa mengecek kesehatan ayam joper. Semua peternak yang ingin sukses harus memeriksa kesehatan ayamnya, apabila ada ayam yang sakit harus kita pisahkan dari ayam yang sehat. Agar tidak semua ayam tertular penyakit. Dan harus segera diberi obat dan nutrisi yang cukup.

Memanen Ayam Joper dengan Sangat Baik
Selanjutnya bila semua sudah kita lakukan untuk melakukan ternak ayam joper maka tahapan terakhir adalah memanen. Panen ayam joper adalah hal yang selalu ditunggu oleh semua peternak ayam joper. Panen ayam joper dapat kita lakukan mulai minggu ke 6. Berat ayam di minggu ke 6 memang masih berkisar 0,7 hingga 0,9 kilo. Jika kita ingin lebih berat lagi maka harus menunggu lagi sampai 1 bulan, baru kita dapat kita panen karena bobot ayam joper sampai 1,1 kilo.

Setelah kita mengetahui berbagai keuntungan dari melakukan ternak joper, kita harus mulai mencoba karena tanpa mencoba kita tidak akan tahu rasanya beternak dan mendapatkan untung. Di Indonesia memang sudah cukup banyak peternak ayam joper. Jadi, bukan sesuatu yang sulit untuk mencari bibit dari ayam joper. Segera untuk melakukan ternak ayam joper dan dapatkan untungnya. Tapi, jangan lupa untuk menjaga kesehatan dan memberikan nutrisi yang cukup. Agar ayam joper semakin laku dijual, memiliki bobot yang maksimal, dan memiliki harga jual cukup tinggi. Semoga tulisan ini bisa membuat kita semakin mahir melakukan ternak ayam joper yang banyak menguntungkan.


Belum ada Komentar untuk "Menariknya Bisnis Ternak Ayam Joper Yang Patut Anda coba"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel