Iklan

Cara Mudah Pelihara Kura Kura Darat Agar Bertahan Sampai Puluhan Tahun Lamanya

Memelihara kura-kura darat adalah salah satu kegiatan yang cukup menarik banyak orang untuk mencobanya. Jika Anda dapat memeliharanya dengan baik, hewan ini bisa bertahan dalam waktu yang cukup lama hingga setengah abad. Umurnya yang mirip dengan manusia membuat para pemiliknya membutuhkan ketelatenan sendiri agar kura kura bisa bertahan. Seperti dengan hewan peliharaan lainnya, saat Anda menginginkan kura kura bisa berumur panjang, alangkah baiknya Anda tahu bagaimana kebutuhannya. Bukan hanya tentang makanan yang harus ia santap, melainkan juga dengan tempat tinggalnya. Bagi Anda yang memiliki minat untuk memelihara kura-kura inilah beberapa hal yang wajib Anda perhatikan. 


Memelihara kura kura darat
sumber : commons.m.wikimedia.org

Memilih Kura-Kura
Yang harus Anda perhatikan pertama kali ketika Anda ingin memelihara kura kura darat adalah kualitas dari binatang itu sendiri. Jangan salah, yang namanya kura kura darat memiliki beragam jenis. Saat Anda memang memiliki minat untuk merawat kura kura, pilihlah jenis kura kura yang memang sudah sering dikembangbiakan karena kura kura tersebut tidak akan menyulitkan Anda. Meski mungkin unik jika Anda memiliki kura kura yang beda dari yang lainnya, tetapi hal itu malah bisa membuat kura kura tidak berumur panjang. Satu lagi, Anda juga harus memilih kura kura yang sehat. Dengan begitu, memilikinya dalam waktu yang lama bukanlah hanya khayalan belaka. 


Kandang kura-kura darat outdoor
Sumber : hermann-tortoise.co.uk

Desain Kandang untuk Kura-Kura
Kandang adalah salah satu kebutuhan pokok yang harus dipenuhi saat Anda memutuskan untuk memelihara kura kura darat. Sebagai pemilik yang baik, Anda tentunya harus memperhatikan tempat tidak seperti apa yang layak untuk kura-kura bertahan hidup. Jangan hanya membuat kandang, yang penting bisa dibuat tidur karena bagaimanapun juga tempat tinggal kura kura akan menentukan betah atau tidaknya kura kura untuk Anda pelihara. Sebenarnya, hewan bertempurung yang jalannya lambat ini lebih menyukai ruangan terbuka. Namun, jika Anda khawatir kura kura akan menghilang, Anda bisa membuat kandang kura kura darat yang sesuai dengan habitat aslinya supaya kura kura tidak cepat jenuh. 

Pertama, perhatikan ukuran kandang kura kura darat. Kura kura adalah salah satu hewan yang suka jalan jalan. Meski lambat, tetapi salah satu rutinitasnya adalah berkeliling. Sehingga, Anda sebagai pemilik kura kura darat sebaiknya harus mempersiapkan kandang yang cukup luas agar kura kura darat kesayangan Anda bisa berkeliling sepuasnya. Untuk ukuran kandang, minimal 1 meter kali 1 meter jika kura kura darat yang Anda miliki sedikit. Namun, jika jumlahnya lebih dari satu, ukuran kandang kura bisa mencapai 1,5 meter x 4 meter. Apabila Anda tidak memberikan kandang yang sesuai, jangan mengeluh jika kura kura darat peliharaan Anda tidak bertahan lama hanya gara gara stress memiliki kandang yang terlalu sempit.

Kedua, perhatikan letak kandang. Selain suka berkeliling, hewan yang jalannya lambat ini nyatanya juga suka berjemur sehingga ia sangat menyukai sinar matahari. Biasanya, kura kura darat akan berjemur pada pagi dan sore hari. Terkait dengan kebiasaannya tersebut, pemilik kura kura darat sebaiknya juga membuat kandang yang ada celah untuk sinar matahari masuk. Kandang bisa dibuat di tempat yang mendapat akses matahari langsung. Meskipun begitu, kandang tersebut juga tetap harus dilengkapi dengan tempat untuk berteduh agar kura kura tidak terlalu panas jika terkena sengatan sinar matahari. 

Ketiga, memilih bahan yang pas untuk kandang kura kura darat. Meski kura kura lambat, jangan meremehkannya karena jika Anda menaruhnya di kandang yang terbuka, bisa saja kura kura tersebut hilang entah kemana. Jika tadi Anda sudah mengetahui peletakan kandang yang pas untuk tempat tinggal kura kura, kini Anda pencinta kura kura darat juga harus tahu material apa yang biasanya digunakan untuk membuat kandang kura kura darat. Agar kandang bisa awet dan tahan lama, alangkah baiknya Anda memilih bahan kayu atau tembok. Kandang yang terbuat dari kayu atau tembok setidaknya bisa mencegah kura kura kabur dari kandangnya. 

Keempat, perhatikan ketinggian kandang kura kura darat. Ketika Anda membicarakan tentang desain kandang untuk kura kura darat, Anda pastinya juga wajib tahu berapa tinggi kandang kura kura. Dengan mengetahui tinggi kandang yang ideal untuk kura kura darat, Anda sebagai pemilik berarti telah memberikan kenyamanan karena tinggi kandang akan mempengaruhi hidup kura kura. Saat kura kura merasa ia hidup di kandang yang sempit, ia akan merasa sangat tersiksa sehingga hidupnya tidak akan lama. Ketinggian kandang kura kura darat berkisar dari 50 cm sampai 60 cm atau setidaknya 2 kali lipat dari tinggi badan kura kura tersebut.

Kelima, memberi atap atau penutup pada kandang kura kura. Mungkin ada beberapa Anda yang memelihara kura kura darat memutuskan untuk tidak memberikan kandang penutup. Adanya penutup dikhawatirkan akan membuat kura kura menjadi jenuh karena merasa diisolasi. Namun, nyatanya adanya penutup kandang atau atap kandang sangatlah penting. Apabila kandang Anda dibiarkan terbuka, dikhawatirkan kura kura darat akan dalam bahaya. Bukan hanya soal kabur saja, tetapi lebih kepada keselamatannya dari tangan predator. Demi kenyamanan kandang kura kura darat, Anda bisa memberinya tutup yang terbuat dari kayu atau kawat. Jangan lupa untuk memberikan celah pada atap agar sinar matahari mudah masuk ke dalam kandang. 

Baca juga : Ingin sukses memelihara kura-kura air tawar.? Ini dia cara jitunya

Keenam, memberikan fasilitas untuk kura kura darat. Seperti halnya manusia, kura kura darat juga ingin dimengerti agar mereka dapat nyaman tinggal di kandang yang dibuatkan oleh pemiliknya. Dalam kandang kura kura darat, pemilik tidak hanya wajib memberikannya kolam kecil untuk tempat kura kura berendam. Agar kolam bisa digunakan untuk tempat bermain, Anda juga bisa menambahkan bebatuan pada kolam kura kura darat. Ada pula fasilitas lain yang tak kalah lucu, yaitu tempat untuk bersembunyi. Pada saat tertentu, hewan bertempurung ini memang sangat suka bersembunyi. Itulah mengapa Anda harus membuatkannya tempat untuk bersembunyi sejumlah kura kura darat yang Anda letakkan di dalam kandang. 

Ketujuh, perhatikan desain alas untuk kura kura. Sekali lagi, ketika Anda ingin merawat kura kura darat, Anda harus betul betul mengetahui kebiasaannya agar kura kura bisa bertahan hidup dalam waktu yang lama. Salah satu hobi dari kura kura darat adalah menggali tanah, makanya Anda sebagai pemilik harus menyediakan media tersebut. Namun, yang mesti Anda perhatikan adalah jangan membuat kandang yang lantai dasarnya adalah tanah. Saat Anda membiarkan tanah sebagai lantai dasarnya, maka kura kura darat kesayangan Anda bisa hilang begitu saja saat menggali tanah. Salah satu cara agar kura kura tetap dalam kandang, buatlah lantai kandang yang terbuat dari paving atau semen sebagai alasnya. Barulah nanti Anda bisa memberikannya gundukan tanah untuk menyalurkan hobi kura kura darat.


Makanan kura-kura darat
Sumber : caringpets.org

Makanan Kura Kura Darat 
Kura kura darat bisa dibilang adalah hewan yang gampangan karena apapun makanan yang disediakan untuknya akan dilahapnya sampai habis, mulai dari sayuran, daging, atau serangga sekalipun. Namun, alangkah baiknya, jika Anda ingin pertumbuhan kura kura baik dan kura kura juga bisa tumbuh sehat, berikan makanan yang seimbang, yaitu ada protein hewani ada pula serat. Dengan begitu, santapan kura kura juga salah satu factor yang bisa membuatnya hidup lebih lama di tengah tengah Anda. Inilah beberapa hal yang mesti Anda perhatikan saat ingin memelihara kura kura darat. Berikan yang terbaik untuk hewan tersebut agar nantinya kehidupannya bisa berlangsung lama. Semoga bermanfaat!

Belum ada Komentar untuk "Cara Mudah Pelihara Kura Kura Darat Agar Bertahan Sampai Puluhan Tahun Lamanya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel