Iklan

Ular Berbisa Dan Mematikan Yang Wajib Dihindari

Indonesia merupakan negara tropis yang memiliki jenis hutan tropis yang paling lebat di dunia. Ciri-ciri dari hutan tropis yaitu vegetasinya yang lebat dan udaranya yang cukup lembab. Iklim yang seperti inilah yang pas dan disukai banyak jenis ular berbisa. Perlu Anda ketahui bahwa Indonesia adalah rumah bagi kurang lebih 450 spesies ular, dari ular yang berbisa dan yang tak berbisa. 

Ular yang memiliki bisa beracun sudah pasti sangat berbahaya, namun ular yang tidak berbisa bukan berarti tidak berbahaya. Banyak jenis ular yang tidak berbisa namun sangat berbahaya, hal ini dikarenakan walaupun mereka tidak memiliki racun bisa tetapi bentuk tubuh yang besar dan lilitan yang kuat inilah yang membuat ular tak berbisa menjadi bahaya, contohnya seperti ular boa, anaconda, phyton dan lain sebagainya. Tubuh yang berat disertai lilitan yang kencang membuat mangsa ular ini menjadi lemas tak bisa bernafas hingga tulang-tulangnya remuk. 

Nah, berikut ini ada beberapa ular yang memiliki bisa racun amat berbahaya, ular-ular ini mudah untuk di temukan di wilayah Indonesia:

Ular Cabe

Ular cabe Ular Berbisa
Gambar: flickr.com

Ular Cabai atau Calliophis intestinalis merupakan salah satu jenis ular berbisa dari suku Elapidae. Ular ini sangat mudah untuk dikenali, Anda dapat melihat dari pola sisiknya yang belang-belang berwarna hitam dan merah. Ukuran tubuh ular cabe ini lumayan kecil yang paling panjang maksimal hanya berukuran sekitar 50 cm saja. Bentuk kepalanya datar dan pada ekor biasanya berwarna kuning keoranyean terang. Maka dari itulah diberi nama ular cabe, karena warnanya yang mirip dengan cabe matang.  Ular cabe ini sebenarnya dikenal sebagai ular yang pemalu dan tidak suka menggigit, namun apabila ia dalam keadaan terdesak, ia akan menggigit dan bisanya akan berpengaruh terhadap kerusakan saraf pada korbannya.

Ular Welang Weling
Ular Welang weling Ular BerbisaGambar: bobo.grid.id

Ular welang weling ini memiliki pola kulit yang belang-belang. Kulit sisik belangnya biasanya berwarna kuning-hitam (welang) dan putih-hitam (weling). Panjang tubuh ular ini dapat mencapai hingga 1-2 meter. Ular welang weling ini seringnya ditemukan di sawah atau di antara pohon bambu yang rimbun. Jadi harus selalu berhati-hati ketika sedang di sawah, melewati pohon bambu-bambu atau pohon rimbun lainnya. Umumnya, apabila di sentuh ular ini akan melindungi diri dengan memasukan kepalanya ke dalam lilitan tubuhnya sendiri. Namun apabila sudah sangat terancam ia tak segan-segan akan menggigit dan menyemprotkan bisanya. Bisa ular ini sangat berbahaya sebab bila tergigit maka yang akan Anda alami adalah bengkak, melemahkan otot dan Anda akan kehilangan kordinasi badan serta dapat menyebabkan gangguan pada pernapasan. 

Ular Kobra

Ular kobra Ular Berbisa
Gambar: pegipegi.com

Ular kobra merupakan salah satu ular yang terkenal paling berbisa di dunia, ular ini biasanya dapat di temukan di  persawahan hingga ke pemukiman semi-urban. Ular kobra ini sangat mudah untuk dikenali yaitu ciri khas kepalanya yang dapat mengembang menyerupai sendok. Panjang tubuh ular kobra ini dapat mencapai hingga 4 meter dan warna sisik kulitnya yaitu coklat hingga kehitaman.

Black Spitting Cobra  merupakan jenis ular kobra yang dapat melontarkan bisa racunnya sejauh 4 meter dan biasanya diarahkan ke mata mangsanya. Apabila digigit oleh ular ini maka bisa racunnya akan berpengaruh terhadap sistem saraf.  

Tentunya ular kobra jenis apapun itu sangat berbahaya sekali apabila sudah menggigit dan menyemburkan bisa racunnya. Karena apabila terkena bisanya kemungkinan untuk dapat selamat kecil. Tak banyak yang dapat dilakukan jika sudah terkena racun bisanya, apalagi jika korban tidak segera atau terlambat dibawa ke rumah sakit. 

Ular Hijau Mira

Ular hijau Ular Berbisa
Gambar: michaelhartmann.org

Ular hijau mira juga merupakan salah satu ular berbahaya karena bisa racun yang dimilikinya. Ular ini memiliki beberapa nama lain yakni ular bangkai laut dan green pit viper. Ciri khas dari ular hijau mira ini yaitu warnanya sisik kulitnya berwarna hijau dengan ujung ekor yang agak merah. Bentuk kepalanya agak berbentuk segitiga dan badannya terlihat kekar, ular ini  panjangnya kurang lebih mencapai 80 cm. Jika Anda melihat ular ini sebaik hati-hati dan segera jauhi, sebab ular hijau mira dapat melompat untuk menyerang mangsanya kemudian menggigit dan memasukan racun bisa yang dapat membuta mangsanya mengalami kerusakan jaringan dan pendarahan. Ular ini seringnya berada di ranting pepohonan dan menyamarkan diri dibalik warna dedaunan hijau.

Belum ada Komentar untuk "Ular Berbisa Dan Mematikan Yang Wajib Dihindari"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel