Iklan

Sejarah Singkat Kucing Anggora dan Cara Perawatannya

Sejarah kucing anggora
                                                                                     Sumber : www.pixabay.com

Kucing anggora merupakan jenis kucing yang sangat populer karena banyak terdapat di berbagai Negara. Kucing jenis Anggora memiliki bulu yang panjang dan lembut serta bentuk tubuh yang ideal, inilah yang menjadikannya disukai banyak orang. Kucing ini pada umumnya diketahui berasal dari Turki yakni di kota Angkara yang merupakan ibu kota Turki pada abad ke-15. Seiring berjalannya waktu pada sekitaran abad ke-16 banyak kucing yang berbulu panjang  termasuk ras anggora dikirim ke Inggris, Rusia, Prancis dan Persia oleh para wisatawan. Hal ini dilakukan guna mengembangbiakan kucing-kucing tersebut, sehingga banyak dipelihara oleh masyarakat Eropa dan berkembangbiak disana. 

Tingkah lucu dan unik yang dimiliki oleh jenis kucing ini membuatnya banyak digemari banyak orang. Dalam memelihara jenis hewan jinak seperti ini tentunya Anda harus memperhatikan aspek perkembangan dan pola kesehatannya, agar kucing tetap sehat dan aktif. Berikut merupakan cara yang dapat dilakukan dalam merawat anggora yang Anda miliki.


Merawat Kucing Anggora

Anggora merupakan ras kucing yang alami sehingga tidak gampang terkena penyakit, tetapi bukan berarti Anda hanya memelihara tanpa memperhatikan kesehatannya. Memiliki tingkah yang aktif berinteraksi dengan pemiliknya anggora tidak boleh ditinggal berlama-lama karena dapat menyebabkan mereka terkena stress atau depresi. Berikut merupakan kiat dalam melakukan perawatan terhadap kucing anggora.

1. Menjaga Kebersihan Kandang
Kebersihan merupakan salah satu hal yang disukai oleh jenis kucing ini, sehingga bagi Anda yang memeliharanya harus sering membersihkan tempat tidur atau kandang dan memandikannya secara rutin.

Dengan menjaga kebersihan kandang akan menjaga bulu kucing ini menjadi terawat bebas dari kotoran dan parasit. Selain itu juga akan menjadikannya sehat dan betah didalam kandang.

2. Memperhatikan kebersihan bulu dan bagian lainnya
Bulu panjang yang dimiliki anggora juga harus sering dirapikan yakni dengan cara menyisirnya secara teratur dan rutin. Membersihkan gigi pada kucing anggora juga penting minimal seminggu sekali atau sehari sekali.

Jangan lupa juga untuk membersihkan bagian dalam telinga kucing dengan menggunakan peralatan yang lembut agar tidak merusak telinga kucing dan memotong kukunya serta membersihkan bagian mata menggunakan kain atau kapas yang lembut dianjurkan untuk menggunakan benda yang berbeda untuk membersihkan mata agar terhindar dari infeksi.

3. Periksakan secepatnya ke dokter jika kucing sakit
Merawat kucing tentunya bukan hanya memberi makan saja namun juga menjaga kesehatannya. Jika kucing mengalami masalah kesehatan Anda harus segera menyikapinya dengan membawa ke dokter hewan, jangan menunda apalagi hanya membiarkannya.

Masalah atau penyakit umum yang sering diderita oleh jenis kucing anggora yakni adanya cacing pita atau parasit sehingga membuat nafsu makan kucing berkurang, diare dan masalah genetik lainnya seperti tuli, ataksia, limfoma dan lainnya. 

Demikian cara yang dapat Anda lakukan dalam merawat kucing anggora, kenali jenis kucing Anda dan berilah perawatan yang baik. Anggora merupakan jenis kucing yang banyak diidamkan oleh banyak orang dan banyak pula orang yang menjual jenis anggora yang palsu, jika anda memiliki kucing ini pelihara dengan baik karena Anda adalah salah satu orang yang beruntung. Namun, apapun jenis kucing yang Anda miliki maka bukan menjadi masalah untuk tidak merawat mereka dengan cara yang baik dan benar. 

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Singkat Kucing Anggora dan Cara Perawatannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel