Iklan

Perbedaan Ular Kobra dan King Kobra yang Perlu Diketahui

Apa yang kalian pikirkan saat mendengar tentang ular kobra? Sebagian dari kalian pasti akan bergidik ngeri saat mendengar jenis ular ini, karena memang ular kobra terkenal dengan bisanya yang mematikan. Ular kobra biasa disebut dengan ular sendok karena ular ini dapat menegakkan dan memipihkan lehernya hingga berbentuk seperti sendok jika merasa terganggu oleh musuhnya agar ular tampak lebih besar dan menakutkan. Itulah kenapa ular kobra sering disebut sebagai ular sendok.

Perbedaan Ular Kobra dan King Kobra

Namun, perlu diketahui bahwa ular kobra dan king kobra merupakan spesies ular yang berbeda meskipun sama-sama terdapat kata kobra dalam namanya. Kobra adalah spesies ular yang berasal dari genus Naja, kobra memiliki varian yang sangat banyak, contohnya Naja sputatrix dan Naja naja. Sementara king kobra merupakan ular yang berasal dari genus Ophiophagus. Ophiophagus hannah adalah nama latin dari king kobra, king kobra juga merupakan satu-satunya spesies ular dari genus ini.

Berikut penjelasan tentang perbedaan ular kobra dan king kobra yang perlu kalian ketahui:

1. Sisik
Sisik yang ada pada king kobra besar seperti ada celah diantaranya dan memiliki ciri yang khas. Sedangkan sisik yang ada pada ular kobra lebih rapat dan kecil-kecil sangat berdempet rapat sehingga tidak ada celah. Bagi yang sudah terbiasa, hanya dengan melihat sisik ular tanpa harus memperhatikan saat ular berdiri pun sudah bisa membedakan mana kobra dan mana king kobra. Sisik yang terdapat pada ular ini berfungsi sebagai lapisan tahan air dan sebagai penahan agar ular tidak merasa kering.

2. Berdiri
Saat berdiri leher ular kobra akan terbuka atau mengembang sehingga membentuk lekukan yang menyerupai sendok atau yang mengembang hanya bagian leher atas saja dan tudungnya pendek, tidak sampai bawah. Sedangkan untuk king kobra, saat berdiri lehernya akan mengembang dan melekuknya lebih panjang ke bawah sehingga tidak berbentuk sendok seperti milik ular kobra.

3. Ukuran Tubuh
Ular kobra memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dan lebih pendek dibandingkan dengan king kobra. Ular kobra biasanya memiliki panjang sekitar 1,7 - 2,5 meter. Sedangkan king kobra lebih besar dan panjangnya bisa mencapai 5,5 - 6 meter dan berdiameter 10 cm. Panjang yang dimiliki oleh king kobra menjadikannya sebagai ular berbisa terpanjang di dunia. King kobra dewasa bisa hidup hingga mencapai 20 tahun dengan bobot bisa mencapai 20 kg. Dibandingkan dengan ular kobra, dengan usia yang sama yaitu 20 tahun, ular kobra 1/3 kali lebih pendek dari king kobra.

4. Gerakan dan Karakter
Ular kobra merupakan ular yang dapat bergerak lincah namun terukur. Ular kobra tidak akan berhadapan langsung dengan musuhnya selama ada ruang untuk menghindar atau sembunyi. Sebisa mungkin dia akan menjauhi musuhnya. Jika ia merasa kaget, terpaksa dan kepepet atau disakiti dia akan waspada dan berdiri, ular kobra akan mengusir musuh dengan cara menyemprotkan bisa atau racun yang jika terkena mata bisa mengakibatkan buta, dan mengeluarkan suara berdesis. Sedangkan king kobra tidak bisa menyemburkan bisa atau racun kearah musuhnya. Meskipun ular ini tak kenal rasa takut, sangat lincah dan gerakannya sulit ditebak. King kobra paling tidak suka jika disentuh ekornya. Dia akan bersikap agresif dan langsung menyerang dengan gigitan. King kobra akan menaikkan kepalanya dan membuka lebar mulutnya untuk menakuti musuh. Racun yang dimiliki oleh king kobra juga lebih tinggi dibandingkan racun yang ada pada ular kobra. Racun king kobra juga dapat membunuh manusia dalam waktu cepat. Jenis racun yang ada pada kedua ular ini adalah haemotoxin dan neurotoxin, yang dapat membunuh manusia hanya dalam waktu 3 menit saja.

Itu tadi adalah 4 perbedaan antara ular kobra dan king kobra. Jumlah king kobra saat ini terus menurun karena kerusakan hutan. King kobra dapat mendeteksi mangsanya menggunakan lidahnya yang bercabang dan penglihatannya yang tajam serta peka terhadap getaran. Ular ini juga dapat memangsa ular lainnya, baik itu yang berbisa ataupun tidak berbisa.


Belum ada Komentar untuk "Perbedaan Ular Kobra dan King Kobra yang Perlu Diketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel