Iklan

Penangkaran Komodo Terbesar di Indonesia akan Ditutup?


Berbicara soal Komodo, anda mungkin tahu bahwa kadal besar ini merupakan spesies endemik penghuni pulau Komodo dan sekitarnya. Spesies langka ini memang merupakan salah satu yang dilindungi dan mendapat perhatian tidak hanya oleh masyarakat dan pemerintah kita namun dunia. Pulau Komodo merupakan salah satu bagian dari Taman Nasional Komodo, tempat penangkaran Komodo terbesar di Indonesia. Taman Nasional Komodo sebagai salah satu penangkaran Komodo terbesar di Indonesia terdiri dari 3 pulau besar yakni Pulau Komodo itu sendiri, pulau Padar dan Pulau Rinca. Taman Nasional komodo merupakan taman nasional yang dibuat untuk perlindungan dan penangkaran komodo dan spesies lainnya yang tinggal di taman nasional tersebut.

Penangkaran komodo akan ditutup
                                                                    Sumber : Asumsi.co

Pada bulan Juni lalu, terdengar kabar yang mengatakan bahwa Pulau komodo, sebagai penangkaran komodo terbesar di Indonesia akan ditutup sementara waktu karena satu dan lain hal. Isu akan ditutupnya penangkaran komodo terbesar di Indonesia ini diaminkan oleh Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTT yang mengatakan bahwa benar adanya, Pulau Komodo akan ditutup untuk sementara waktu per Januari 2020. Namun, tidak semua kawasan Taman Nasional Komodo yang akan ditutup, hanya Pulau Komodo-nya saja. Pihaknya mengatakan bahwa pengambilan keputusan ini tidak sepihak melainkan merupakan komitmen bersama antara Pemprov NTT dengan pihak atas, yakni Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. 

Penutupan sementara pulau Komodo sebagai salah satu penangkaran komodo terbesar di Indonesia bukan tanpa sebab. Menurut pihak terkait, penutupan dilakukan agar pemerintah dapat menata kembali taman nasional komodo agar komodo dapat hidup dan berkembangbiak dengan semestinya disana. Selain itu, menipisnya rusa sebagai salah satu sumber makanan para komodo juga disinyalir menjadi salah satu alasannya. Ditutupnya pulau Komodo sebagai salah satu penangkaran Komodo terbesar di Indonesia dilakukan untuk meningkatkan populasi Rusa di pulau komodo. Hal ini bertujuan agar para komodo tidak saling serang dan memangsa karena seperti yang anda ketahui, komodo merupakan hewan kanibal dan dapat saling memangsa satu sama lain. 

Bagi para wisatawan yang hendak mengunjungi Pulau komodo, setelah Januari 2020, mungkin anda baru dapat mengunjungi penangkaran Komodo terbesar di Indonesia ini di tahun 2021. Namun jangan khawatir, anda tetap dapat mengunjungi pulau-pulau lain yang tak kalah indahnya yakni pulau rinca dan pulau Padar. Jika di pulau komodo anda akan banyak melihat pemandangan hutan, di pulau Rinca, anda akan melihat pemandangan savana indah yang terbentang luas. Jadi, meskipun Pulau Komodo ditutup untuk sementara waktu nantinya, anda tetap dapat menikmati keindahan pulau Rinca yang tidak kalah indahnya. Jika anda beruntung, anda juga akan dapat melihat komodo melintas di Pulau Rinca.

Ditutupnya Pulau komodo sementara waktu ini masih menunggu persetujuan dari pihak Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, namun kabar terbaru mengatakan bahwa dari pihak kementerian pun akan mendukung, apabila hal tersebut memang diperlukan dan untuk kebaikan. Menurut pihak terkait, penutupan sementara salah satu penangkaran komodo terbesar di Indonesia ini  dilakukan untuk membuat tempat yang disebut sebagai taman nasional komodo tersebut lebih aman dan indah untuk wisatawan. 

Penataan ulang pulau komodo sebagai salah satu bagian dari taman nasional komodo ini dimaksudkan untuk tetap menjaga dan menjadi salah satu bentuk perlindungan terhadap komodo. Upaya yang dilakukan pemerintah ini memang masih menuai pro dan kontra. Memang, beberapa pihak mungkin akan merasa dirugikan karena seperti yang kita ketahui, pulau Komodo merupakan salah satu destinasi wisata yang masuk ke dalam hot list. 

Pulau Komodo memang salah satu tujuan wisata menarik tidak hanya bagi wisatawan lokal, namun juga bagi para wisatawan mancanegara. Keberadaan Komodo yang konon, hanya ada di Indonesia inilah yang membuat penutupan sementara pulau komodo menjadi pro dan kontra. Namun, seperti yang telah disampaikan sebelumnya, jika para wisatawan hendak melihat komodo di penangkaran komodo terbesar di Indonesia ini, mereka tetap dapat melihanya di pulau-pulau lain dalam kawasan taman nasional Komodo seperti pulau Rinca misalnya. Semoga artikel ini dapat memberikan anda informasi ya!

Belum ada Komentar untuk "Penangkaran Komodo Terbesar di Indonesia akan Ditutup?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel