Iklan

Hewan Berusia Pendek yang Ada di Bumi

Setiap hewan yang ada di bumi pasti memiliki cara sendiri untuk bertahan hidup. Ada yang bisa bertahan hidup hingga puluhan tahun, ada pula yang memiliki usia pendek. Bukan karena mereka mati muda, tapi karena rentang usia yang mereka miliki memang pendek. Bahkan ada yang hanya memiliki usia 10 hari saja sejak kelahiran mereka. Yuk simak, inilah 5 hewan dengan usia pendek yang ada di dunia:

1. Hamster

Hamster Hewan Berusia Pendek

Hewan imut nan menggemaskan yang satu ini ternyata tak memiliki usia yang panjang dalam hidupnya. Hewan yang populer sebagai binatang peliharaan dan binatang untuk penelitian ilmu pengetahuan ini memang masih besanan jauh dengan tikus. Untuk jenis Hamster Suriah atau Hamster Emas rata-rata usia mereka tidak lebih dari 3 tahun. Hamster China hanya 2,5 tahun, dan untuk Hamster Winter White lama hidupnya hanya 2 tahun saja. Namun, meskipun usia mereka pendek, hamster-hamster ini sudah boleh kawin sejak usia mereka masih 2 atau 3 bulan untuk melanjutkan keturunan mereka.



2.  Kunang-Kunang



Kunang-kunang atau Firefly adalah serangga yang bisa mengeluarkan cahaya terang dari dalam tubuhnya yang jelas terlihat saat malam hari. Sebenarnya, ada lebih dari 2000 spesies kunang-kunang, dan dapat ditemukan di daerah empat musim dan tropis. Biasanya hewan ini ada di rawa atau hutan yang basah karena disana tersedia banyak persediaan makanan untuk larvanya. Namun sayangnya, hewan yang satu ini pun telah jarang kita temukan apalagi di daerah perkotaan.

Cahaya yang dipancarkan oleh tubuh kunang-kunang memiliki banyak fungsi tergantung spesiesnya. Ada yang berguna untuk perburuan, sebagai tanda peringatan, untuk mempertahankan diri, ada pula yang menggunakan cahaya untuk saling mengenali atau untuk memberi tanda kawin. Namun, usia dari kunang-kunang dewasa tak lebih dari 2 sampai 3 minggu saja.

3.  Capung

Capung Hewan Berusia Pendek

Lama hidup seekor capung tak lebih dari 4 bulan saja karena kebanyakan dari mereka dimakan laba-laba, burung, kadal dan katak. Kondisi iklim yang keras dan angin yang kuat juga membuat proses perkembangbiakkan dari capung terhenti. Hal ini terjadi karena angin dapat menghancurkan larva mereka. Namun, hal aneh dari capung ialah mereka bisa menghabiskan waktu hingga 5 tahun lamanya, menunggu untuk muncul dari fase kepompong mereka, yang pada dasarnya, kemunculan mereka dari fase kepompong ini adalah tanda-tanda kematian mereka.



4.  Lebah Pekerja

Lebah Hewan Berusia Pendek

Lebah pekerja hanya bisa mencapai umur 40 hari saja. Hal ini berbeda jika dibandingkan dengan rentang hidup ratu lebah yang bisa berumur 3 sampai 5 tahun. Selama 40 hari lebah pekerja hidup, mereka benar-benar menghabiskan hampir seluruh waktu mereka itu untuk bekerja membangun dan memperkuat sarang.

Jika ada musuh seperti hewan predator atau manusia yang ingin merusak sarang mereka, mereka akan melindungi sarang tersebut bahkan jika harus mengorbankan nyawa mereka sendiri. Karena satu-satunya senjata mereka yaitu sungut yang dipakai untuk menyengat musuh, akan membuat mereka kehilangan nyawa, setelah mereka lepaskan kepada si perusak/predator.

5.  Lalat

Lalat Hewan Berusia Pendek

Lalat merupakan salah satu hewan yang paling menjengkelkan dan menjadi sumber penyakit jika sudah hinggap di makanan atau minuman kita. Namun, siapa sangka ternyata hewan yang satu ini punya masa hidup yang cukup singkat yaitu hanya mencapai 28 hari saja. Ada sebagian besar lalat yang dapat bertahan hidup hingga empat minggu dan biasanya mereka yang punya rentang waktu hidup lebih lama adalah lalat yang hidup di luar ruangan alias di alam bebas. Menariknya, meskipun usia yang dimiliki lalat termasuk singkat, lalat betina bisa menghasilkan 1000 telur yang akan jadi lalat baru nantinya.

6.  Nyamuk

Nyamuk Hewan Berusia Pendek

Nyamuk jantan dan nyamuk betina memiliki waktu hidup yang berbeda. Jika nyamuk betina dapat berusia lebih panjang hingga beberapa bulan, untuk nyamuk jantan usia yang dimiliki ternayata cukup singkat yaitu hanya sekitar 10 hari saja. Selain itu, ternyata yang selama ini menghisap darah manusia hanya nyamuk betina saja lho, sedangkan nyamuk jantan bertahan hidup dengan mengonsumsi madu seperti lebah.

Belum ada Komentar untuk "Hewan Berusia Pendek yang Ada di Bumi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel