Iklan

Hewan Berbisa Yang Mematikan Di Dunia

Jika mendengar istilah “hewan berbisa”, yang muncul dalam benak kalian pasti ular. Sebab, sudah banyak kasus manusia yang tewas akibat gigitan dari hewan melata tersebut. Namun ternyata, ada pula hewan-hewan selain ular yang memiliki bisa sama mematikannya seperti ular, atau yang jauh lebih mematikan daripada ular. Bahkan, ada beberapa hewan berbisa yang justru terlihat cantik dan menggemaskan. Untuk itu, kita harus lebih berhati-hati terhadap hewan berbisa ini, berikut 6 hewan berbisa di dunia selain ular:

1. Ubur-ubur Kotak

Hewan Berbisa Yang Mematikan Di Dunia

Ubur-ubur kotak merupakan hewan yang telah diakui oleh dunia sebagai hewan paling berbisa. Hewan yang banyak ditemukan di perairan sekitar Asia dan Australia ini telah mematikan lebih dari 5000 nyawa manusia sejak tahun 1954 dengan racunnya yang menyerang jantung, sistem saraf dan sel-sel kulit. Ubur-ubur kotak memiliki tentakel atau organ tubuh yang dapat memanjang dengan fleksibel hingga mencapai 3 meter dan memiliki kurang lebih 5000 sel penyengat yang mematikan.

Karena bentuknya yang sangat transparan, hewan ini hampir tidak bisa terlihat. Jika kalian tersengat oleh ubur-ubur ini, jangan menempelkan es batu atau dikompres dengan air panas, rendam bagian yang tersengar dengan cuka selama setangah jam sembari korban dilarikan ke rumah sakit. 

2. Ikan Batu

Hewan Berbisa Yang Mematikan Di Dunia

Ikan Lepu Batu atau Stonefish merupakan ikan yang harus diawapadai oleh penyelam. Karena seperti namanya, ikan ini dapat menyerupai bebatuan di dasar laut sehingga sangat sulit untuk melihatnya. Padahal, ikan ini menjadi salah satu hewan berbisa di dunia. Jika penyelam tersengat oleh duri yang ada di punggung ikan ini, mereka akan merasakan sakit yang luar biasa serta kelumpuhan. 

Apabila tidak segera diobati maka dapat menyebabkan kematian atau amputasi pada bagian tubuh yang terkena sengatan. Ikan batu ini banyak ditemukan di perairan tropikal Samudra Pasifik dan Samudra India dan biasanya bersembunyi di atas Tropic of Capricorn atau garis balik selatan bumi.

3. Gurita Cincin Biru

Hewan Berbisa Yang Mematikan Di Dunia

Gurita cincin biru dapat ditemukan di Samudra Pasifik, mulai dari Australia hingga Jepang dan hewan laut ini sangat berbahaya karena dapat melumpuhkan manusia dari bisa yang dimilikinya. Jika kalian tergigit oleh gurita ini, kalian tidak akan merasakan sakit di awalnya. Namun, dari gigitan itu dapat menyebabkan kesulitan pernafasan, kebutaan, mual, lumpuh, dan kematian. Belum ada obat penawar untuk racun gurita cincin biru hingga saat ini.

4. Katak Panah Beracun

Hewan Berbisa Yang Mematikan Di Dunia

Hewan yang satu ini memiliki corak warna yang cerah dan terang. Namun, dibalik motif kulitnya yang lucu itu, katak ini memiliki racun yang disebut batrachotoxin. Katak ini biasanya hidup di wilayah Amerika Tengah, Amerika Selatan dan Hawaii dan racun yang ada pada katak ini dapat membunuh 10 orang dewasa yang sehat atau 20.000 ekor tikus.

5. Kalajengking Kuning Israel (Kalejengking Deathstalker)

Hewan Berbisa Yang Mematikan Di Dunia

Kalajengking yang berwarna kuning pucat dan bening ini merupakan jenis kalajengking yang paling berbahaya di dunia. Hewan yang biasanya ditemukan di Afrika Utara dan Timur Tengah ini memiliki sengatan yang berbahaya karena dapat menyebabkan rasa sakit luar biasa, kejang dan demam tinggi serta koma. Jika kalajengking ini menyengat orang dewasa yang sehat, biasanya sengatannya tidak akan menimbulkan kematian. Namun, jika menyengat anak kecil, orang tua, atau orang dewasa yang punya masalah jantung dan alergi sengatannya bisa berakibat kematian.

6. Laba-laba Pengembara Brazil (Brazilian Wandering)

Hewan Berbisa Yang Mematikan Di Dunia

Laba-laba ini merupakan hewan paling berbisa karena dosis serotonin yang tinggi dalam racun laba-laba dan dapat menyebabkan kelumpuhan sampai kematian. Laba-laba ini sangat berbahaya karena dapat dijumpai di tempat umum seperti di mobil, lemari baju, sepatu, bahkan di keramaian penduduk. Gigitan dari laba-laba ini menimbulkan rasa sakit, peradangan dan kehilangan kendali pada otot. Jika tidak segera diobati akan menyebabkan kematian, namun sudah ada obat penawar untuk racun laba-laba jenis ini. Hewan yang biasa disebut dengan laba-laba pisang ini banyak ditemukan di kawasan perhutanan Amazon dan Brazil.
Itu adalah 6 hewan berbisa di dunia yang sebaiknya kalian hindari jika bertemu dengan salah satunya.

2 Komentar untuk "Hewan Berbisa Yang Mematikan Di Dunia"

  1. Balasan
    1. Makasih banyak, jangan kapok mengunjungi blog ini. InsyaAlloh Tiap hari bakal selalu update.

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel