Iklan

Cara Merawat Kucing Tanpa Kandang yang Wajib Diperhatikan


Cara merawat kucing tanpa kandang yang khusus sangat memerlukan pemeriksaan tahunan karena sering berkeliaran diluar rumah. Wajib adakan pemeriksaan sebelum penyakit kucing mulai parah dan berdiskusilah mengenai kesehatan kucing pada dokter hewan. Dalam pemeriksaan tahunan, berikan vaksin kucing serta lakukan pemeriksaan kotoran karena pemberian parasit kotoran sangat penting jika kucing sering keluar rumah.

Cara Merawat Kucing Tanpa Kandang
Sumber : unsplash.com

1. Sterilkan kucing
Sterilkan kucing dengan operasi kebiri untuk membantu sifat kucing yang berkeliaran dan buang air sembarangan. Cara merawat kucing tersebut sangat baik untuk melindungi kucing dari penyakit seperti tumor dan kanker. Dan untuk kucing betina, operasi tersebut mengurangi kelahiran yang tidak diinginkan.

2. Menyisir bulu kucing
Kucing yang tidak terpelihara dan tidak diberikan perawatan akan lebih sering berkeliaran. Jika tubuh kucing panjang maka pilihlah pin brush untuk menyisir bulunya, sedangkan untuk kucing yang bertubuh pendek pilihlah sisir yang bergigi rapat. Dan untuk anak kucing, gunakanlah sisir yang kecil dan lembut. Perawatan menyisir bulu ini sangat penting untuk mengangkat bulunya yang telah mati, bergumpal, membersihkan kutu, menghilangkan jamur, dan melancarkan aliran darah pada kucing.

3. Bersihkanlah gigi kucing
Salah satu cara merawat kucing yang baik yaitu gigi kucing harus dibersihkan secara teratur. Pakailah sikat gigi yang lembut dan pasta gigi khusus kucing. Hindari penggunaan pasta gigi manusia karena banyak mengandung tepung yang tidak baik untuk kesehatan gigi kucing. Sikatlah gigi kucing secara perlahan dari bagian luar kedalam selama 30 detik. Perawatan tersebut sangat penting karena banyaknya penyakit yang berhubungan gusi dan gigi, dan bakteri juga plak bisa masuk melalui aliran darah yang dapat menyebabkan penyakit seperti jantung, ginjal, sakit pada area mulut, gigi terlepas dan kesulitan saat makan.

4. Sediakanlah tempat yang khusus
Walaupun kucing dipelihara tidak menggunakan kandang, tapi juga membutuhkan tempat yang khusus empuk dan nyaman dan memiliki privasi untuk tempat beristirahat dan bersantai. Pilihlah bantal atau selimut yang lembut dan cuci secara rutin agar tetap bersih.

5. Siapkan tempat kotoran

Berbeda dengan kucing yang dirawat di dalam kandang, kucing yang dibiarkan bebas harus dijaga kebersihannyan karena kucing suka tempat yang bersih serta mencegah sakit kulit pada kucing. Siapkanlah kotak kotoran bersih agar kucing tidak membuang kotoran di tempat lain.

6. Pelajari jenis-jenis makanan kucing
Untuk jenis makanan kucing, bisa meminta saran dokter hewan mengenai makanan kucing yang berkualitas dan bergizi. Teliti dalam melihat petunjuk yang tertera pada labelnya, mana takaran yang sesuai berdasarkan umur, berat badan, dan tingkat aktivitasnya. Tetapi kucing lebih suka makan dengan porsi yang sedikit namun sering. Jangan berikan makanan manusia kecuali diizinkan oleh dokter hewan.

Dalam merawat kucing membutuhkan tanggung jawab dan tidak boleh lengah. Karena dituntut untuk bisa mengerti dengan kebutuhannya dan harus siap untuk direpotkan kapan saja. Itulah 6 cara merawat kucing tanpa menggunakan kandang. 

Belum ada Komentar untuk "Cara Merawat Kucing Tanpa Kandang yang Wajib Diperhatikan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel