Iklan

10 Jenis Ras Kucing Terpopuler Di Dunia

Setiap manusia pasti pernah merasa kesepian. Hal itu memang wajar dialami oleh makhluk hidup. Mereka mengatasi kesepian dengan cara yang beragam mulai dari berlibur, pergi ke sebuah taman bermain, menonton film atau bermain dengan hewan peliharaan. Dan salah satu hewan yang paling banyak dipilih sebagai teman manusia yakni kucing. Lalu ada berapa banyak jenis ras kucing terpopuler yang ada di dunia? Berikut ini ulasan lengkapnya.

Jenis Ras Kucing Terpopuler di Kalangan Cat Lovers

Bagi mereka yang bukan pecinta kucing mungkin akan menganggap bahwa semua kucing itu sama, namun ternyata ada banyak sekali jenisnya. Bukan hanya nama yang membuat jenis mereka sangat banyak, dari bentuk tubuh bahkan warna bulu juga menjadi faktor yang membedakan jenis kucing-kucing itu. Dan berikut adalah 10 jenis ras kucing terpopuler yang dikenal oleh para pecinta kucing.

1. Munchkin
Jenis ras kucing terpopuler

Munchkin adalah salah satu jenis kucing yang cukup banyak disukai oleh Cat Lovers karena postur tubuhnya yang unik yaitu kaki dari kucing ini yang pendek namun memiliki badan yang besar. 

Karena posturnya yang menarik menjadikan kucing ini sering dipakai dalam ajang fashion show hewan peliharaan. Untuk bisa memiliki kucing ini Anda juga perlu merogoh kocek cukup dalam, di Indonesia sendiri harganya mencapai Rp 1 juta sampai Rp 5 juta.

Baca juga : Mengenal karakter kucing lewat gerak geriknya

2. Persia Himalaya 
Jenis ras kucing terpopuler
Sumber : pixabay.com

Tidak kalah cantiknya dengan jenis yang lain kucing Persia Himalaya juga menjadi salah satu jenis ras kucing terpopuler yang ada di dunia. Keindahan bulunya mampu menarik hati setiap Cat Lovers yang melihat.

Selain bulunya yang menjadi keunggulan dari kucing ini, matanya yang memiliki warna cenderung abu-abu juga menjadi alasan kucing ini banyak dicari untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan. Karena cukup langka untuk bisa menemukan kucing yang memiliki warna mata yang cantik.

Baca juga : Karakteristik kucing Persia yang harus anda ketahui

3. Sailan 
Jenis ras kucing terpopuler
Gambar : steemit.com

Kucing Sailan merupakan jenis kucing yang cukup aktif bergerak dan sangat energik. Kucing yang berasal dari negara Sri Langka ini memiliki banyak sekali peminat terutama mereka yang memiliki anak kecil. Kucing ini tidak mudah menyerang kepada manusia.

Karena sifatnya yang tidak agresif kucing ini aman jika dibiarkan bermain dengan anak-anak. Ciri fisik pada kucing ini terletak pada bintik-bintik yang terletak di hampir seluruh tubuhnya. Oleh karena keunikannya kucing ini banyak diburu oleh Cat Lovers untuk dijadikan hewan peliharaan.

Baca juga : Eksotisnya kucing Hutan sebagai peliharaan

4. Russian Blue 
Jenis ras kucing terpopuler
Sumber : purina.com.au

Kucing cantik yang berasal dari Negara Rusia ini bernama Russian Blue, dinamakan begitu karena memiliki bulu yang berwarna abu-abu agak biru. Karakteristik dari kucing ini memiliki bulu yang pendek namun cukup tebal.

Memiliki sifat yang pemalu dan cenderung sensitif terhadap orang baru. Kucing ini juga terkenal akan kesetiaannya terhadap pemiliknya, dia mudah mengingat wajah orang yang baru ditemuinya. Selain itu, kucing ini juga gemar mengikuti kemanapun pemiliknya pergi beraktivitas.

Baca juga : 5 Cara memilih makanan khusus kucing

5. Sphynx 
Jenis ras kucing terpopuler
                       Sumber : purina.com.au

Jenis ras kucing terpopuler selanjutnya yaitu Sphynx. Jenis kucing yang satu ini memiliki ciri khusus pada tubuhnya yang tidak memiliki bulu dan tubuh yang kurus. Mungkin waktu pertama kali melihat penampakan wujud kucing ini Anda akan sedikit terkejut karena bentuknya yang aneh.

Meski begitu kucing ini banyak dicari oleh Cat Lovers di seluruh dunia, harganya pun sangat mahal yaitu bisa mencapai Rp 30 juta untuk jenis ras asli dan berumur dewasa. Sangat fantastis bukan dengan harga selangit untuk memelihara seekor kucing.

Baca juga : Kenali 5 macam penyakit kucing beserta cara mengatasi

6. Toyger 
Jenis ras kucing terpopuler
Sumber : catbreedslist.com

Mungkin namanya cukup asing di kalangan masyarakat biasa, namun bagi para pecinta kucing jenis ini adalah jenis yang cukup terkenal. Kucing Toyger memiliki perawakan yang hampir mirip dengan anak harimau dengan motif garis-garis hitam di sekujur tubuhnya.

Jika dilihat dari luar kucing ini akan nampak seperti kucing liar yang galak, namun aslinya kucing ini memiliki sifat yang sangat ramah terhadap manusia. Selain itu, Toyger sangatlah aktif dalam bergerak dan termasuk salah satu kucing terpintar yang ada di dunia.

Baca juga : Cara merawat kucing jenis ras tanpa kandang

7. Bengal 
Jenis ras kucing terpopuler
Sumber : pets4homes.co.uk

Bengal adalah salah satu jenis kucing hutan namun cukup jinak dan ramah. Kucing ini lahir sebagai keturunan ketiga hasil persilangan. Amerika menjadi daerah asal kucing ini berada dan cukup banyak dikembangbiakkan disana.

Berbeda dengan jenis kucing yang lainnya, Bengal sangat suka bermain dengan air apalagi ketika di mandikan. Kucing yang satu ini juga memiliki bulu yang sangat halus dan tebal, akan sangat nyaman ketika dipeluk dan diajak bermain. Kucing Bengal cukup patuh dengan pemiliknya dan sangat manja ketika bersama pemiliknya.

8. Siamese 
Jenis ras kucing terpopuler
Sumber : pixabay.com

Kucing Siamese memiliki perbedaan fisik yang cukup mencolok jika dibandingkan dengan jenis kucing yang lainnya, yaitu pada wajah kucing ini yang memiliki warna lebih gelap dibandingkan warna tubuhnya.

Siamese termasuk jenis ras kucing terpopuler terutama di negara Thailand sebagai daerah asalnya. Selain keunikan pada wajahnya, kucing ini memiliki bulu yang sangat lembut dan cukup tipis. Seringkali bulunya mudah rontok ketika berlari atau bergerak. Namun tidak perlu khawatir hal itu bisa diatasi dengan memberikan asupan gizi yang baik untuk menguatkan bulu-bulunya agar tidak mudah rontok.

9. Bombay
Jenis ras kucing terpopuler
Sumber : pixabay.com

Kucing yang satu ini tidak asing di mata banyak orang, memiliki karakteristik bulu berwarna hitam pekat membuat kucing ini mudah dikenali oleh siapapun. Kucing Bombay nampak dingin diluar namun memiliki sifat yang sangat cerdas diantara jenis kucing yang lainnya.

Kucing ini cukup aktif bergerak dan cenderung sulit untuk diam, lebih banyak beraktivitas pada malam hari karena ketika siang kucing Bombay akan lebih senang berdiam dan berjemur di bawah sinar matahari untuk menghangatkan tubuhnya.

10. Siberian 
Jenis ras kucing terpopuler
Sumber : pethelpful.com

Jenis ras kucing terpopuler selanjutnya yaitu Siberian. Kucing yang satu ini sangat terkenal dengan keramahannya terhadap manusia. Memiliki perawakan yang sangat imut karena tubuhnya yang pendek dan berbulu tebal sehingga kucing ini menjadi jenis yang cukup banyak dipelihara oleh orang-orang.

Siberian juga digemari karena bulunya yang tidak menyebabkan alergi, berbeda dengan jenis kucing yang lainnya. Umur kucing Siberian relatif lama yaitu antara 10 sampai 15 tahun, kucing ini juga jarang terserang penyakit karena memiliki kekebalan tubuh yang baik meskipun memiliki postur tubuh yang kecil.

Ternyata banyak sekali jenis kucing yang ada di dunia, dan tidak hanya itu karena masih ada banyak jenis ras kucing terpopuler yang bisa Anda pilih. Diluar sana ada banyak orang yang lebih memilih untuk memelihara hewan yang lainnya daripada kucing, namun jumlah pecinta kucing juga tidak sedikit. Hal itu terbukti dengan adanya komunitas-komunitas yang dibuat di setiap daerah bahkan negara. Para pecinta kucing terdiri dari laki-laki dan juga perempuan, mereka menganggap kucing sebagai salah satu makhluk hidup yang mengerti mereka sebagai teman. 

5 Komentar untuk "10 Jenis Ras Kucing Terpopuler Di Dunia"

  1. Baru tahu aku, ternyata banyak ras kucing. Saya kira ras kucing cuma anggora dan Persia doang. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak. Dan juga Kebanyakan kucing pada umumnya Ras campuran bukan ras murni dikarenakan terjadinya perkawinan silang.

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel