Iklan

Mengenal Burung Hantu Beserta Manfaatnya

                                                                                      
Burung Hantu Beserta Karakteristiknya
Pasti sudah banyak yang tahu tentang burung yang berwajah bulat, bermata besar menghadap ke depan,  dan pastinya beda dengan kebanyakan burung lain yang matanya menghadap ke samping. Hal itu tak sedikit membuat orang merasa takut, dan terkadang dihubungkan dengan hal-hal yang mistis. Maka dari itu, burung ini dinamakan sebagai Burung Hantu dan merupakan hewan buas pemakan daging (karnivora). Untuk itu marilah kita mengenal burung hantu beserta manfaatnya. Burung ini juga merupakan anggota dari ordo Strigiformes yang memiliki ciri-ciri mata besar, kepala bulat, paruh pendek dan bengkok tajam, lubang telinga besar, cakar tajam, dan aktif dimalam hari (nokturnal). Ordo ini memiliki dua suk atau famili yaitu Tytonidae(Burung serak) dan Strigidae (Burung hantu sejati).
Mengenal Burung Hantu Beserta Manfaatnya
Sumber : pixabay.com

Terdapat sekitar 222 spesies burung hantu yang sudah diketahui dan tersebar di seluruh dunia. Yang unik dari burung ini, yaitu kepalanya bisa berputar 180 derajat hingga 230 derajat ke belakang. Warna bulunya yang lurik kecoklatan atau keabu-abuan dan ada bercak hitam atau putih. Ekornya pendek namun sayapnya sangat  besar dan lebarnya melebihi panjang tubuhnya.  Burung ini lebih suka diam dan mematung sembari mengamati mangsanya dari atas. Keakuratan yang tinggi dalam memperkirakan jarak dan posisi mangsa dalam keadaaan gelap dengan mengandalkan indra pendengaran yang tajam. Burung ini juga dibekali Ketajaman mata, paruh tajam, terbang tanpa berisik atau suara, kaki kuat dan cakar tajam merupakan senjata yang sempurna untuk berburu mangsa seperti serangga, ular, kodok, tikus dan lain-lain. 
Burung hantu tidak membuat sarang melainkan menggunakan bekas sarang burung lain yang ditinggalkan di rongga pohon. Terkadang juga bersarang di bawah atap gedung atau lubang-lubang bangunan. Burung hantu berkembang biak sepanjang tahun tergantung  suplai makanan dan kondisi lingkungan. Sekali bertelur bisa dua sampai empat butir dan masa pengeraman 30-34 hari.

Baca juga : Perlindungan burung hantu di indonesia


Manfaat Burung Hantu Disektor Pertanian
Sudah banyak yang tahu kehebatan burung hantu sebagai pemangsa yang handal. Kian Hari Popularitasnya semakin meningkat karena sangat membantu dan bermanfaat bagi para petani dalam sektor pertanian sebagai pembasmi hama tikus terbaik. Padahal dulunya petani lebih memilih menggunakan racun tikus untuk mengendalikan populasi tikus, namun cara tersebut tidaklah efektif dikarenakan biaya yang tinggi. Kini burung hantu sudah menjadi teman sekaligus partner petani dalam membasmi hama tikus karena merupakan musuh alami tikus. Seperti petani di desa Kedungjati, kecamatan Bukateka, kabupaten Purbalingga yang sudah menerapkan pengendalian populasi tikus menggunakan burung hantu. Mereka bergotong royong membuatkan sarang burung hantu (pagupon) di areal persawahan. Di daerah tersebut masih banyak burung hantu liar sehingga petani tidak perlu membeli burung hantu kemudian melepaskan di areal persawahan. Petani Cukup menyediakan sarang buatan berbentuk seperti miniatur rumah, dengan sendirinya burung hantu liar akan menghuni sarang buatan tersebut.  Ciri-ciri sarang buatan yang sudah dihuni burung hantu yaitu terdapat kotoran disekitar sarang dan terdengar  suara burung hantu di malam hari. Agar burung hantu tetap betah  di sarang buatan, para petani membuat aturan tidak  ada yang boleh menganggu atau menyentuh penyangga sarang dan tidak  boleh menembak burung hantu agar populasi tetap terjaga. Untuk respon pemerintah daerah, sangat menyambut positif terhadap kegiatan para petani dalam mengatasi hama tikus dan juga hal itu sebagai upaya meningkatkan  produktivitas tanaman padi. Beberapa pemerintah daerah juga sudah mulai menerapkan program penangkaran burung hantu dengan memakai dana dari anggaran pendapatan  dan belanja daerah (APBD). Satu pasang burung hantu dapat melindungi 25 hektare areal pertanian dan dalam setahun satu burung hantu dapat membunuh sekitar 1300 tikus. Tidak semua jenis burung hantu dapat dijadikan sebagai pembasmi hama tikus. Ada jenis tertentu saja yang cocok digunakan untuk membasmi hama tikus seperti burung hantu serak jawa atau nama latinnya Tyto Alba. Tyto alba dapat julukan sang penjaga sawah dan juga sudah menjadi sahabat dekat petani. Hehe. Kenapa hanya jenis Tyto Alba yang cocok dijadikan pembasmi tikus? Kenapa tidak jenis burung hantu yang lain.?  Karena burung ini unggul dalam mengenali suara mangsanya dibanding jenis burung hantu lainnya. Kemampuan mengingat dan mengenali arah suara mangsanya yang begitu menakjubkan. Itu artinya burung ini dapat tahu dan mendengar mangsanya sedang diam, tidur, makan atau berlari. Jenis burung ini banyak ditemukan hampir di seluruh dunia. 

Itulah pembahasan singkat tentang mengenal  burung hantu beserta manfaatnya. Jika kita Sudah tahu tentang burung hantu mengenai kebiasaan atau perilaku, jenis, karakteristik dan manfaat burung hantu disektor pertanian, tentunya kita juga harus menghilangkan pikiran menyeramkan atau menakutkan terhadap burung hantu. 








Belum ada Komentar untuk "Mengenal Burung Hantu Beserta Manfaatnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel