Iklan

Kenali 5 Macam Penyakit Kucing Beserta Gejala dan Cara Mengatasinya


Memiliki binatang peliharaan bisa menjadi pengobat saat otak mulai setres, akibat aktivitas yang melelahkan. Hewan yang sering dipelihara dan menghibur majikannya, ialah kucing. Banyak orang yang rela merogoh kocek, demi memperoleh binatang yang menggemaskan ini. Tak hanya harga beli yang cukup mahal, biaya pemeliharaan kucing juga cukup menguras kantong. Hal ini dilakukan agar kucing tidak terserang penyakit yang berbahaya, bahkan mematikan. Sayang jika kucing sudah mulai menggemaskan terkena penyakit berbahaya. Nah agar Anda bisa lebih waspada, kenali 5 macam penyakit kucing yang sering terjadi berikut ini.
                                                                      
                                                     Sumber: www.pixabay.com

5 Macam Penyakit Kucing Beserta Gejala dan Cara Mengatasinya

1.  Infeksi Telinga (Otitis)
Otitis merupakan salah satu macam penyakit kucing yang termasuk golongan berbahaya, dan biasanya menyerang telinga kucing bagian dalam. Jika penyakit ini dibiarkan, maka akan akan tumbuh tumor atau kanker yang menyebabkan kucing tak bisa mendengar lagi.

Penyakit otitis umumnya disebabkan karena kotoran yang ada didalam telinga kucing, biasanya berasal dari debu. Selain itu alergi, kutu, dan hormon bawaan juga bisa menyebabkan infeksi telinga muncul. Untuk pengobatannya, Anda harus rutin membersihkan telinga kucing atau membawa ke dokter hewan jika otitis sudah parah.

2.  Feline Infectious Peritonitis
Dikenal dengan nama penyakit radang selaput rongga dada dan perut, penyakit Feline Infectious Peritonitis termasuk penyakit mematikan bagi kucing. Penyakit ini menular melalui air liur, feses, dan plasenta induk kucing. Ada dua jenis virus penyakit ini, yaitu virus kering dan basah.

Gejala yang ditimbulkan Feline Infectous Peritonitis ini, seperti turunnya kekebalan tubuh, diare, demam, muntah, hingga hilangnya nafsu makan. Agar kucing kesayangan Anda tidak terserang penyakit ini, sebaiknya selalu bersihkan kandang kucing dan cuci peralatan makannya.

3.  Penyakit Kulit Ring Worm
Ring Worm adalah salah satu jenis jamur yang bisa menyebabkan sakit kulit pada kucing, terutama anak kucing. Macam penyakit kucing ini bisa menular ke hewan peliharaan lainnya, bahkan ke majikan juga bisa. Penyakit ini biasanya ditandai dengan muculnya lesi melingkar pada telinga, kepala, dan badan.

Untuk mengobati penyakit ini, Anda bisa memberi kucing salep, shampo khusus, jika cukup parah bisa diberi obat-obatan oral. Sebetulnya ring worm bisa dicegah dengan rutin membersihkan kandangnya, atau merendam kucing menggunakan cairan belerang.

4.  Feline Leukimia Virus
Feline Leukimia Virus termasuk penyakit kucing yang menular, biasanya melalui tempat air yang terkena air liur, feses, atau urine kucing yang sudah mengidap penyakit ini. Selain itu induk yang sudah terinfeksi, juga bisa menularkan penyakit ini ke janin yang dikandung.

tanda kucing yang terserang Feline Leukimia Virus baru bisa dilihat setelah bertahun-tahun, namun beberapa gejala sudah bisa Anda kenali terlebih dulu. Seperti nafsu makan yang berkurang, mudah lelah, demam, kejang, diare, hingga turunnya berat badan. Penyakit ini bisa Anda cegah dengan memberikan vaksin atau lebih sering memperhatikan tingkah lakunya.

5.  Diabetes
Sama dengan manusia, jika kucing mengkonsumsi karbohidrat berlebih maka akan mudah terserang penyakit diabetes. Macam penyakit kucing ini ditandai dengan munculnya beberapa gejala, seperti meningkatnya asupan air, nafsu makan berlebih, sering kencing yang tidak wajar, dan turunnya berat badan meski porsi makan berlebih.

Jika kucing peliharaan Anda terkena penyakit ini, cara mengatasinya dengan memberi makanan khusus kucing yang terserang diabetes. Jika sudah parah, segera bawa ke dokter hewan untuk penanganan khusus.

Itulah 5 macam penyakit kucing beserta gejala dan cara mengobatinya. Selalu perhatikan kesehatan dan kebersihan hewan peliharaan Anda, agar terhindar dari penyakit yang berbahaya. Dan jangan lupa untuk selalu memeriksakan kesehatan kucing, meskipun tidak dalam kondisi sakit. 


Belum ada Komentar untuk "Kenali 5 Macam Penyakit Kucing Beserta Gejala dan Cara Mengatasinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel