Iklan

Karakteristik Kucing Persia Yang Menjadi Primadona


                                                                            
Salah satu jenis kucing yang mendominasi peliharaan masyarakat saat ini adalah kucing Persia. Kucing ini merupakan ras kucing yang berasal dari Persia yakni meliputi wilayah Iran dan Afganistan. Saat ini kucing jenis Persia tidak hanya berada di negara-negara tersebut tetapi juga berada hampir di seluruh belahan dunia termasuk Negara Indonesia. Memiliki karakteristik wajah yang unik menjadikan kucing ini sangat mudah untuk dikenali, namun beberapa orang sedikit bingung dalam menentukkan jenis ras Persia dan anggora. Perbedaan yang sangat mencolok dari kedua jenis kucing ini adalah terletak di hidung, kucing anggora memiliki hidung yang sedikit lebih mencolok dari pada ras Persia yang cenderung lebih kecil. Bulu yang tebal dan wajah yang lucu menggemaskan menjadikan ras kucing satu ini sangat banyak diminati orang untuk dijadikan peliharaan. Jika Anda berminat memelihara kucing jenis ini maka harus memahami terlebih dahulu karakteristik dan ciri-cirinya. 
                                                                      Karakteristik kucing Persia
         Sumber : www.pixabay.com

Ciri-ciri kucing Persia yang Harus Anda Ketahui

Perlu Anda ketahui bahwa jenis kucing Persia ini memiliki karakteristik yang tenang. Jenis kucing satu ini sangat pendiam tidak seperti kucing pada umumnya, kucing ini cenderung tidak rewel dan mudah dikontrol serta lebih mudah beradaptasi pada lingkungan di sekitarnya. Memiliki sifat yang sangat manja dan responsif terhadap pemiliknya hal inilah yang menjadikan ras Persia menjadi primadona bagi setiap pemiliknya. Kucing cantik ini memiliki ciri-ciri yang sangat unik dan membuat siapa saja akan gemas terhadapnya, berikut merupakan ciri-ciri yang harus kamu ketahui dari kucing ras Persia jika Anda ingin membelinya.

1. Bentuk kepala yang bulat
Kucing ras Persia ini memiliki bentuk kepala yang sedikit besar dan bulat. Memiliki tulang pipi yang menonjol dan rahang yang kokoh serta lehernya pendek dan tebal. Sementara hidung terlihat pesek mendongak keatas serta dagu dan dahinya tegak lurus.

2. Telinga dan Mata 
Memiliki telinga yang lebar di bagian bawah dan ujungnya tumpul serta miring ke depan, telinga jenis kucing ini tidak terlalu tinggi. Mempunyai mata yang bulat dan lebar, warna biasanya sesuai dengan bulu. Kucing Persia jenis chincilia memiliki bola mata berwarna hijau, pada jenis colourprint bola matanya berwarna biru dan pada bulu kucing berwarna putih kedua bola matanya berbeda warna.

3. Bulu 
Longhaired Persia adalah sebutan untuk jenis Persia yang memiliki bulu yang panjang dan lebat, rata-rata panjangnya mencapai 5 sampai 15 cm akan terasa lembut pada saat disentuh serta mengembang menutupi badan kecuali wajahnya. Kucing ras Persia yang memiliki bulu pendek sering disebut exotic short.

4. Warna
Pada dasarnya jenis kucing ras Persia ini memiliki warna dasar, cokelat, cokelat mudah, hitam dan kuning tua. Memiliki campuran warna seperti shaded and smoke, perak dan keemasan dan bicolour atau terdiri dari dua macam warna. 

5. Bentuk Tubuh dan Kaki
Bentuk tubuh yang bulat dan gemuk membuat kucing Persia terlihat sangat menggemaskan. Pundak dan dada terlihat lebar, serta perut bagian belakang terlihat lebih rendah dan memiliki empat kaki yang pendek menjadikannya lebih imut atau sering disebut dengan coby.

6. Ekor dan Cakar
Mempunyai ekor yang lurus dengan bulu yang tebal dan ujung pangkalnya tidak terlihat kaku serta memiliki panjang setengah dari tubuhnya. Kucing Persia ini memiliki cakar yang kuat dan besar kaki depannya memiliki lima jari dan kaki belakangnya kurang dari lima yakni empat jari. 

Itulah beberapa ciri-ciri yang dimiliki oleh kucing Persia asli dan harus Anda ketahui, karena jenis kucing ini sangat mahal di pasaran maka Anda harus pahami betul dalam membedakannya. Semoga dengan ciri-ciri diatas Anda dapat menemukan jenis Persia asli sesuai dengan keinginan Anda. 

Belum ada Komentar untuk "Karakteristik Kucing Persia Yang Menjadi Primadona"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel