Iklan

Eksotisnya Kucing Hutan Sebagai Peliharaan

                                                                   
Sebagai negara beriklim tropis, Indonesia dikarunai dengan beragam fauna yang menarik. Hewan-hewan yang pada dasarnya hidup di alam liar memang memiliki keindahan dan daya tarik tersendiri, salah satu dari sekian banyak satwa eksotis ini adalah  kucing hutan. Karena warna bulunya yang cantik banyak orang yang tertarik untuk menjadikannya peliharaan di rumah. Akan tetapi, karena minimnya pengetahuan masyarakat akan perlindungan satwa liar membuat orang yang bermaksud memeliharanya malah harus berurusan dengan undang-undang. Bukannya tidak mungkin untuk memelihara kucing liar yang satu ini, tetapi untuk memilikinya harus ada beberapa syarat yang mesti Anda penuhi. Lantas seperti apakah prosedur yang benar dan cara untuk memeliharanya? Informasi tersebut telah dirangkum dalam bacaan berikut ini.
Eksotisnya Kucing Hutan Sebagai Peliharaan

Cara Memelihara Kucing Hutan

Binatang lucu yang hidup di alam liar ini memang termasuk satwa yang dilindungi, tapi tidak semuanya alias hanya beberapa jenis saja. Adapun jenis yang dapat Anda pelihara seperti kucing hutan macan dahan atau kucing borneo yang berasal dari Kalimantan. Hal ini dikarenakan populasi kucing hutan tersebut dinilai masih aman dari bahaya kepunahan. Nah bagi Anda yang tertarik ingin memelihara kucing tersebut tentunya harus tahu bagaimana proses yang dibutuhkan serta cara untuk merawatnya, simak informasi di bawah ini untuk lebih jelasnya.

1. Perizinan Sangat Diperlukan

Ini dia syarat pertama yang harus Anda penuhi agar dapat memelihara kucing hutan secara legal. Hal ini pula lah yang sering membuat banyak pecinta binatang mengurungkan niatnya untuk memelihara kucing lucu ini. Pasalnya mengajukan perizinan ke BKSDA setempat memang membutuhkan banyak usaha.

Untuk mendapatkan surat izin ini Anda diharuskan membuat proposal, menyerahkan sejumlah identitas asli serta beberapa surat dukungan dari kepala daerah. Namun dengan mengantongi ijin ini berarti Anda sudah tidak perlu berurusan dengan jerat hukum dan dapat memelihara satwa dilindungi ini secara bertanggung jawab.


2. Sediakan Tempat yang Sesuai Dengan Kucing Hutan

Kucing liar yang sudah terbiasa hidup di alam bebas pastinya membutuhkan perlakuan yang berbeda jika dibandingkan kucing rumahan. Berikan sedikit kebebasan dengan membiarkannya beraktivitas di  ruang terbuka. Terlebih lagi hewan sejenis kucing hutan sangat aktif di malam hari. Apabila naluri alami mereka tidak terpenuhi maka bisa berakibat stress. Namun tetap awasi tingkah lakunya supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan

Walaupun terbiasa hidup di alam liar namun kucing jenis ini rentan terserang penyakit apalagi jika terdapat perbedaan suhu di tempat aslinya dengan tempatnya dipelihara. Bila Anda ingin membuatkannya sebuah kandang atau tempat khusus maka pastikan memiliki suhu yang hangat. Bila perlu buatlah dengan ukuran yang cukup luas sehingga kucing bisa bergerak dengan leluasa.


3. Berikan Makanan Bergizi

Kucing hutan pada dasarnya memenuhi kebutuhan mereka dengan berburu, oleh karena itu pemberian makannya pun juga berbeda. Daging adalah kebutuhan yang masih sulit ditinggalkan oleh kucing ini, namun usahakan jangan memberinya daging yang masih mentah. Karena hal ini malah membuatnya semakin sulit lepas dari kebiasaan lamanya.

Cara memberinya makan adalah dengan daging yang sudah direbus kemudian dicincang agak lembut. Untuk memenuhi kebutuhan gizinya Anda juga bisa mencampurkan cat food di dalamnya. Tetapi apabila kucing yang Anda pelihara masih membutuhkan susu, maka berilah susu khusus untuk kucing.


Seperti itulah proses yang dibutuhkan hingga cara untuk memelihara kucing hutan. Jangan lupa juga untuk selalu mengontrol kesehatannya dengan membawanya ke dokter hewan. Walaupun termasuk jenis kucing yang hidup di alam bebas namun semua peliharaan tetap butuh perawatan dan kasih sayang. Anda pun juga harus rutin membersihkannya supaya keindahan bulunya tetap terjaga.

Belum ada Komentar untuk "Eksotisnya Kucing Hutan Sebagai Peliharaan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel