Iklan

5 tanda Kucing Hamil dan Akan Melahirkan yang Wajib Anda Ketahui

Kucing merupakan salah satu hewan beranak yang sering dipelihara oleh manusia, selain anjing. Hewan dengan berbagai macam ras ini, memiliki tingkah yang menggemaskan dan lucu. Selain itu kucing juga memiliki kebiasaan unik, seperti mengedipkan mata ketika berkenalan dengan sesamanya, dan selalu manja kepada majikannya ketika sedang hamil. Sebagai seorang pecinta kucing, Anda wajib mengetahui hal-hal yang terjadi ketika hewan ini sedang hamil dan mau melahirkan. Sebagian besar tanda yang dialami kucing, hampir sama dengan manusia. Maka dari itu, ketahui 5 tanda kucing hamil dan akan melahirkan berikut agar Anda tidak bingung saat hal ini terjadi.
Tanda kucing hamil
                        Sumber : fit-cats.com                                                                                                                                   
5 tanda Kucing Hamil dan Akan Melahirkan yang Umum Terjadi

1. Mengalami muntah dan perut membesar.
Tanda kucing hamil dan akan melahirkan yang pertama adalah mengalami muntah dan perut membesar. Namun kucing yang muntah tak selalu hamil, bisa jadi sedang terkena penyakit. Muntah pada kucing yang hamil berlangsung sekali dan cukup lama.

Selain muntah, kucing yang sedang hamil dan akan melahirkan juga mengalami perubahan fisik yaitu bentuk perut yang semakin membesar. Perubahan ini bisa terlihat ketika usia kehamilan kucing memasuki 5 bulan. Sedangkan hamil atau tidaknya kucing, bisa dilihat 3 minggu setelah kawin. 
  
2. Puting memerah dan bulu yang semakin rontok.
Selain perut yang membesar, perubahan bentuk dan warna puting pada perut kucing juga menjadi tanda bahwa kucing Anda sedang hamil dan mau melahirkan. Jika hal ini terjadi maka sekitar 2-3 minggu lagi, kucing Anda akan melahirkan.

Kucing yang sedang hamil dan mau melahirkan, juga akan mengalami perontokan bulu. Perubahan ini termasuk alami, dan terjadi 1 sampai 2 minggu saja. Rontoknya bulu kucing disebabkan karena meningkatnya hormon, sehingga kondisi kulit akan semakin berminyak.

3. Nafsu makan meningkat.
Sama dengan manusia, nafsu makan kucing yang sedang hamil dan mau melahirkan juga akan meningkat. Hal ini dikarenakan kucing memerlukan banyak asupan protein dan energi. Makanan yang dikonsumsi kucing, akan dibagi ke bayinya sekitar 20-50 persen. Tanda kucing hamil dan akan melahirkan ini akan terjadi sejak awal kehamilan, hingga proses melahirkan.

4. Bertingkah manja dan lebih lembut.
Tanda kucing hamil dan akan melahirkan berikutnya, ialah bertingkah semakin manja dan lebih lembut kepada majikannya. Meskipun tidak pada saat hamil saja, kucing peliharaan akan tetap bertingkah manja pada sang pemilik. Biasanya kucing akan menghampiri pemilik, dan meminta agar dielus dengan lembut. Namun tidak semua kucing bermanja, ada beberapa kucing hamil yang lebih suka menyendiri dan gelisah.

5. Sering tidur dan mencari-cari tempat.
Tak hanya perubahan fisik saja, namun kucing yang hamil dan akan melahirkan juga mengalami perubahan sikap. Hewan ini akan lebih sering tidur dan berdiam di kandangnya. Sama dengan muntah, perubahan sikap ini tak selalu menjadi tanda bahwa kucing Anda sedang hamil, bisa jadi hewan peliharaan Anda sedang sakit.

Saat usia kehamilan sudah semakin tua, kucing akan sibuk berkeliling mencari tempat ternyaman untuk melahirkan. Biasanya tempat tersebut juga dijadikan habitat untuk kucing dan bayinya. Hewan ini akan mencari tempat yang sunyi dan hangat, seperti kardus yang berisi tumpukan kain.

Itulah tanda kucing hamil dan akan melahirkan yang wajib Anda ketahui, agar tidak bingung jika terjadi perubahan pada hewan tersebut. Sayangi dan berilah kenyamanan, terlebih saat kucing sedang hamil dan mau melahirkan.

Belum ada Komentar untuk "5 tanda Kucing Hamil dan Akan Melahirkan yang Wajib Anda Ketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel