Iklan

5 Cara Memilih Makanan Khusus Kucing yang Perlu Diketahui


 Kucing merupakan hewan yang sangat disukai oleh para pecinta binatang karena sifat yang manja dan sangat menggemaskan. Di Indonesia banyak sekali yang mengadopsi kucing sebagai binatang peliharaan. Banyak yang memilih kucing ras dibanding kucing lokal karena bulu kucing ras terlihat lebih cantik. Berikut cara memilih makanan khusus kucing yang wajib diketahui.

5 Cara Memilih Makanan Khusus Kucing Yang Wajib Diketahui
                                                                             
Memilih makanan khusus kucing
                                                       Sumber : www.pixabay.com


Baca Juga : 10 jenis ras kucing terpopuler di dunia
1. Pilihlah makanan yang bergizi seimbang.
Ada 2 jenis dasar makanan khusus kucing, yaitu jenis makanan basah dan kering. Jenis makanan kering lebih pas dijadikan makanan utama sebab sifatnya yang lebih tahan lama dan harganya yang murah. Selain itu juga makanan kering dapat membuat kucing melatih giginya dan membantu pencegahan plak karena tidak tersisa kotoran pada gigi kucing.

Jangan khawatir dengan kucing yang daya gigitnya melemah. Cobalah berikan makanan basah karena kadar air yang dimiliki cukup tinggi dan mempunyai lebih banyak varian rasa daripada makanan kering sehingga lebih bagus jika diberikan pada kucing yang nafsu makannya menurun.

2. Selalu memilih makanan yang aman.
Kandungan utama yang terkandung di dalam makanan pasti menentukan kualitas makanan tersebut. Sangat penting untuk memastikan terlebih dahulu pada label yang tertera apakah ikan atau daging yang menjadi bahan baku. Jika menggunakan daging asli, maka akan tertera keterangan yang jelas tanpa ada istilah lain pada kemasan.

Terlalu banyak karbohidrat dalam makanan akan membuat kucing sulit mencerna makanannya juga dapat mengakibatkan obesitas. Utamakanlah kesehatan meskipun lebih mahal harganya. Pilihlah makanan yang tidak mengandung gandum, jagung, atau biji-bijian.

3. Pilih makanan sesuai usia.
Makanan kucing akan berubah seiring dengan pertumbuhannya, maka pilihlah makanan khusus kucing yang sesuai dengan usianya. Berikanlah makanan yang berlabel kitten pada anak kucing yang berusia 1,5-6 bulan. Perbedaan antara makanan anak kucing dengan kucing yang telah dewasa dilihat dari jumlah kalorinya. Pilihlah produk yang tidak terdapat bahan kimia di dalamnya. 

Pada usia 7-6 bulan sudah bisa diberikan makanan untuk kucing dewasa, karena penting untuk memilih makanan yang dapat mengenyangkan yang mengandung protein dan lemak. Untuk kucing senior, pilih makanan yang tidak terdapat zat adiktif dan yang membebani pencernaan juga hindari biji-bijian karena sangat sulit untuk dicerna.

4. Pilihlah makanan terapi untuk mengobati dan mencegah penyakit
Kucing yang sangat jarang minum air mudah terkena penyakit batu ginjal. Karena kurangnya mengkonsumsi air dapat menyebabkan urine susah keluar. Pilih produk yang mengandung keasaman cairannya atau pH 5. Angka tersebut paling pas untuk pH normal setelah makan. Pilihlah produk yang mengandung hypoallergenic untuk mencegah batuk, pilek, bersin. Perbanyak serat dan lemak ketika sembelit dan hindari biji-bijian saat diare.

5. Pilih sesuai karakteristik dan gaya hidupnya
Makanan khusus kucing sebaiknya diberikan secara bertahap sesuai dengan gaya hidup dan karakternya masing-masing. Hindarilah pemberian makanan yang tinggi protein dan lemaknya bagi kucing yang obesitas. Untuk kucing yang obesitas pilih makanan yang protein dan lemaknya tinggi. Berilah makanan khusus untuk kucing rumahan dan berikan makanan yang tinggi lemak dan sedikit biji-bijian untuk kucing yang kurus.

Itulah cara memilih makanan khusus kucing yang harus diperhatikan. Jika hendak merawat kucing penting untuk mengetahui cara tersebut agar ke depannya kucing dapat bertumbuh lebih baik dan sehat. Penting juga untuk menjaga gizi makanan untuk kucing tersebut.

Belum ada Komentar untuk "5 Cara Memilih Makanan Khusus Kucing yang Perlu Diketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel