Iklan

Cara Melatih Anjing Liar Agar Bisa Menjadi Anjing Peliharaan

Anjing liar adalah anjing yang tak bertuan, mereka biasanya hidup dan lahir tanpa majikan, lokasi hidupnya biasanya di hutan, kebun ataupun bangunan yang tak terpakai di luar ruangan. Anjing liar memiliki sifat yang agresif, bandel dan susah untuk percaya kepada manusia. Hal ini bisa terjadi karena anjing liar tersebut tidak memiliki kasih sayang sejak kecil seperti halnya anjing ras atau anjing peliharaan lain.

Cara menjinakkan anjing liar
Sumber : pixabay.com
Hal inilah yang membentuk karakter anjing yang cenderung defensif terhadap manusia hidup dan lebih menyukai hidup liar di alam bebas. Namun walaupun memiliki sifat yang liar, bukan berarti anjing liar tidak bisa dijinakkan. Ada beberapa tips untuk menjinakkan anjing liar seperti anjing peliharaan, apa saja tipsnya simak ulasannya di bawah ini.
1. Jangan Mendekat Namun Biarkan Anjing Yang Mendekati
Yang pertama perlu dilakukan adalah mengetahui dahulu tempat atau lokasi tetap hidupnya si anjing. Maka hal pertama yang perlu dilakukan adalah datangi tempat tersebut berikan makan berikan makan secara rutin. Ketika memberikan makan jangan langsung diberikan secara dekat. Biarkan anjing mengenal lagi dahulu orang yang sering memberinya makan, lakukan ini hingga berjalan dengan rutin 5 atau 7 hari dan si anjing mulai kenal dengan diri Anda.
Biarkan anjing untuk mendekati anda, jangan anda yang mendekati anjing. Mendekati anda adalah wujud dari kepercayaan anjing tersebut kepada orang, sebaliknya walaupun anjing tersebut terlihat sangat jinak sekalipun usahakan jangan mendekati duluan karena itu bisa diartikan sebagai bentuk intimidasi bagi anjing.
2. Setelah dekat jangan langsung mengelus
Setelah anjing bisa dekat dengan anda maka jangan langsung memberikan sikap yang mengintimidasi, sikap mengintimidasi itu seperti memegang, mengelus, membungkuk. Tindakan yang benar setelah anjing mendekati adalah membungkuk, maka disinilah proses anjing akan mengenali anda. Anda tidak perlu untuk berhubungan kontak badan langsung karena anjing memiliki cara tertentu untuk mengenali orang baru. Cara tersebut adalah dengan cara mengendus, Anjing memiliki banyak sekali sensor yang bisa mengidentifikasikan bau anda. Mengendus dan mulai mendekati anda itu bukanlah tanda bahwa anjing sudah mulai bersahabat namun itu adalah tanda bahwa anjing datang untuk mengenali anda lebih jauh. Jika saat mengendus ada penolakan dari anjing jangan paksakan untuk memaksa mengenal anjing karena hal tersebut akan membuat anjing semakin tidak nyaman dan semakin menjauh. Sebaliknya ketika anjing mengendus dan anjing mulai menggoyangkan ekor serta mendekatkan badannya ke bagian kaki/tubuh anda maka itu adalah proses untuk perkenalan dan anjing mulai nyaman dengan anda.
3. Berikan elusan yang benar
Mendekatlah dan mulai cobalah untuk mengelus anjing, jangan mengelus anjing di atas kepala karena anjing beda dengan kucing mengelus anjing di atas kepala sama dengan intimidasi. Mengelus anjing yang benar adalah dengan mengelus bagian bawah badan dan pipi, jika sudah semakin dekat dengan maka anda tinggal tetap memberikan makanan secara rutin dan tetap intens berdekatan dengan anjing dan mengelus dibagian yang disarankan lakukan ini beberapa kali hingga anjing benar-benar sudah bisa anda pegang dan jinak/tidak ada penolakan.
4. Berikan tempat yang nyaman
Setelah anda pegang dan jinak anjing bisa dibawa pulang tempatkan anjing pada tempat yang baik berikan dia kandang yang layak. Kandang yang layak akan membuat anjing lebih nyaman karena biasanya ia akan hidup di alam liar yang tanpa pengamanan. Biarkan anjing untuk mengenali kandang dan lingkungannya selama beberapa hari. Setelah bisa nyaman dan mengenali tempat barunya maka  Anda mulai bisa memberikan latihan dan kedisiplinan seperti cara melatih anjing ras atau peliharaan.

Itulah beberapa hal yang perlu dilakukan ketika akan menjinakkan anjing liar perlu diperhatikan dalam menjinakkan anjing liar memang memerlukan kesabaran tingkat tinggi, jika anda tidak bisa melakukan kesabaran tersebut maka jangan coba-coba menjinakkan anjing liar yang sudah lama liar. Cobalah untuk memelihara anjing yang masih kecil ataupun anjing ras, menjinakkan anjing liar memang membutuhkan tingkat kesabaran yang lebih tinggi namun hasil yang didapatkan juga akan lebih baik karena anda berhasil menjinakkan anjing yang sebelumnya tidak bertuan. Selamat mencoba dan tetap selalu jaga keselamatan.

Belum ada Komentar untuk "Cara Melatih Anjing Liar Agar Bisa Menjadi Anjing Peliharaan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel